Kamis, 16 April 2020

Tahapan Konseling Kelompok



A.    Tahap Persiapan
Tahap ini meliputi :
1.      Identifikasi siswa yang bermasalah
Pada proses ini saya mencari siswa yang terindikasi mengalami kesulitan pemusatan perhatian pada saat belajar. Adapun ciri ciri siswa yang mengalami masalah tersebut di sekolah saya secara garis besar antara lain memiliki sifat sebagai berikut :
1.      Mengantuk di kelas
2.      Sering ijin ke kamar mandi,
3.      Bengong pada saat pelajaran
4.      Ketika ditanya guru antara pertanyaan dan jawaban tidak sinkron,
5.      Berperilaku agresif, cari perhatian, suka menganggu teman di kelas,
6.      Sering menjawab / memotong penjelasan guru dengan bercanda 
2.      Pra Konseling Kelompok
Dalam tahap ini hal yang dilakukan sebagai berikut :
1.      Mendekati siswa secara pribadi agar lebih terbuka terhadap masalahnya
2.      Membuat janji dengan siswa kapan dilaksanakan konseling kelompok

B.     Tahap pelaksanaan / Konseling Kelompok
Dalam tahap ini dilaksanakan konseling kelompok dengan proses sebagai berikut :
1.      Guru mengatur tempat duduk siswa
2.      guru mengucapkan salam
3.      Guru melakukan apersepsi
4.      Guru menjelaskan tujuan dilaksanakan kegiatan konseling kelompok
5.      Guru memberi kesempatan siswa satu per satu untuk mengungkapkan masalahnya
6.      Guru memberi tanggapan terhadap masalah siswa satu per satu
7.      Guru bersama siswa bersepakat membahas masalah satu siswa
8.      Siswa dipersilahkan memberi solusi atau tanggapan terhadap masalah yang dibahas
9.      Guru menyimpulkan solusi dan memberi penekanan pada siswa yang bermasalah untuk bagaimana menyelesaikan nya
10.  Guru dan siswa bersepakat untuk menentukan waktu pada pertemuan berikutnya.
11.  Guru mengakhiri kegiatan dengan menyimpulkan isi pembicaraan
12.  Siswa dan guru bersalaman sebagi tanda berakhirnya kegiatan

C.     Tahap pasca konseling
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan konseling ini maka pasca konseling diadakan kegiatan sebagai berikut :
1.      Observasi kepada siswa yang bermasalah selama 1 bulan
2.      Interview kepada teman dan guru untuk mengetahui perubahan tingkah laku
D.    Tindak lanjut
Setelah dilaksanakan penilaian terhadap perubuhan sikap siswa yang bermasalah maka dilakukan tindak lanjut terhadap siswa yaitu :
1.      Mengamati secara berkala perubahan yang terjadi pada siswa
2.      Apabila siswa masih belum bisa menunjukan perubahan ke arah yang positif maka diadakan lagi kegiatan konseling sampai dirasa siswa mengalami perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPL Bimbingan Konseling

Di bawah ini adalah RPL ( Rencana Pelayanan BK ) Kelas 10